Halaman

Selasa, 25 Desember 2012

Natal? Selamat?


Indonesia, negara yang mengakui keberagaman umat beragama. Sangat memungkinkan kalau kita bersahabat dengan mereka yang berbeda keyakinan dengan kita. Saling menghormati & menghargai harus dijunjung diatas segalanya demi menjaga kerukunan sesama warga Indonesia.

Ah serius bener pembawaan ane kek juri Master Chef. Oke ane coba lebih nyantei lagi ngobrolnya.. :D

Jadi, siapa aja disini yang punya temen, sahabat, keluarga beda agama? Yang ga mungkin ente sakitin perasaan-nya atas dasar apapun?

Ada sedikit cerita nih tentang 2 pemuda beda agama yang sahabatannya kentel banget. Sebut saja yang 1 namanya Ozil (Muslim), yang 1 namanya Cristiano (Nasrani). Alkisah....

Tanggal 24 Desember 2011 (tahun kemaren), 2 sahabat ini sorenya maen bola bareng, pulangnya minum es orson bareng di Warung Mpok Yanti Cimeng.

Mereka ngobrol sambil becanda, si Ozil ngomong ke Cristiano.. “Pokoknya elu sahabat gue sampe kapanpun bro!” Ronaldo pun ngejawab, “Iya bro, pokoknya ampe di Roxy Mas ga ada tukang HP lagi lo bakal tetep jadi sahabat gue!”

Karna udah mau Maghrib, mereka buru-buru pulang. Ozil pengen sholat ke masjid, Ronaldo pengen kumpul sama keluarga (maklum malam Natal).

Biasanya tiap malam Ozil melipir ke rumah Ronaldo buat sekedar ngopi-ngopi lucu gitu. Tapi karena rumah Ronaldo rame Ozil pun cuma nonton OVJ saja di rumahnya.

HP Ronaldo ga berenti bunyi dapat SMS atau telpon , ucapan ‘Merry Christmas’ dari sodara & temen-temennya yang 1 keyakinan (Nasrani). Tapi tiba-tiba Ronaldo murung...... Sesekali juga ada SMS yg isinya “Ini mama lagi dikantor polisi, tolong isi pulsa mama..”. Tapi bukan SMS ini yang bikin Ronaldo murung..

Ternyata dia galau karna gak dapet ucapan ‘Merry Christmas’ dari si Ozil, sahabat terdekatnya.. Akhirnya dia langsung telpon si Ozil, dia bilang..

Ini percakapannya:

Ronaldo: Bro, gimana kabar lo?

Ozil: Alhamdulillah baik, bro..

Ronaldo: Lo ga ngucapin ‘Merry Christmas’ ke gue?
Ozil: Engga bro.

Ronaldo: Lo kan sahabat gue!

Ozil: Agama gue menghargai toleransi antar agama, termasuk agama lo. Tapi masalah ini, agama gue melarangnya......

Ronaldo: Tapi kenapa? Kan cuma sekedar kata-kata? Teman Muslim gue yang lain, ngucapin selamat natal ke gue?

Ozil: Mungkin mereka belum tau bro....

*mahligai persahabatan ini hampir diujung tanduk. Kalo mereka musuhan, gimana nasib Warung Es Orson Mpok Yanti Cimeng?*

Ronaldo: Belum tau apa?

Ozil: Bro, lo bisa ga ngucapin dua kalimat syahadat?

Ronaldo: Engga, gue ga bisa.. Itu bisa mengganggu kepercayaan gue..

Ozil: Kenapa? Itu kan cuma kata-kata? Ayo, ucapkanlah!

Ronaldo: Sekarang, gue ngerti.. Kenapa lo engga mau ngucapin selamat natal ke gue..

Dengan penjelasan & pengertian, akhirnya persahabatan mereka tetap terjaga hingga Yanti Cimeng pun lega..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar